3 Bahaya Yoyo Diet

Dec
2013
14

posted by | on Blog | Comments Off on 3 Bahaya Yoyo Diet

Apakah itu yoyo diet? Yoyo diet adalah kondisi diet di mana berat tubuh Anda naik dan turun dalam waktu singkat, hal ini menandakan bahwa diet yang Anda lakukan salah. Yoyo diet berbahaya, karena diet yang dilakukan salah sehingga ada dampak negatif terhadap tubuh.

Berikut ini 3 bahaya yoyo diet :

Bahaya Yoyo Diet 1: Berisiko kanker endometrium
Pada tahun 2013, penelitian yang dimuat dalam European Journal of Cancer menunjukkan, wanita yang turun berat badan kemudian berat badannya naik kembali berisiko dua kali lebih besar menderita kanker endometrium (dinding rahim). Risiko ini terutama mengincar mereka yang obesitas dan turun berat badan sampai 10 kilogram, tetapi naik kembali 10 kilogram.

Bahaya Yoyo Diet 2: Mengganggu metabolisme
Wanita yang berat badannya berfluktuasi akan mengalami penurunan pengeluaran energi saat istirahat (jumlah kalori yang terbakar saat tidak melakukan aktivitas). Jika metabolisme berjalan lambat, maka kesempatan lemak tertimbun dalam tubuh juga makin besar. Penelitian juga menunjukkan, ketika wanita ini kembali naik berat badan, penumpukan lemak terutama terjadi pada lengan dan kaki.

Bahaya Yoyo Diet 3: Membuat perut lebih lapar
Orang yang mengalami diet yoyo cenderung memiliki level grelin lebih tinggi, atau hormon yang memicu rasa lapar. Ini terjadi karena, berusaha terus-menerus menurunkan berat badan akan membuat tubuh melawan balik dengan memicu rasa lapar.

Menurunkan berat badan bukanlah usaha yang bisa terjadi secara instan. Pilihlah metode pelangsingan yang sehat. Ini berarti memperbanyak serat, mengurangi lemak dan karbohidrat sederhana, serta tentunya wajib berolahraga.

Tidak perlu target muluk-muluk supaya pola makan ini bertahan dalam jangka panjang. Anda mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang cepat, tetapi tentunya lebih sehat.

Tags: , , , ,