posted by | on Blog | Comments Off on 3 Dampak Negatif Radikal Bebas

Radikal bebas dapat melemahkan sel bahkan menghancurkan sel tubuh. Sel tubuh itu sendiri berfungsi membangun tubuh kita dalam tumbuh kembangnya, sehingga jika sel-sel tersebut tidak sehat maka kita pun tidak akan sehat.

Berikut 3 akibat paparan radikal bebas :

– Penyakit kronis. Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata.

Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung,kanker, katarak dan menurunnya fungsi ginjal. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

–  Kerusakan DNA. Seperti pada protein kecil kemungkinan terjadinya kerusakan di DNA menjadi suatu reaksi berantai, biasanya kerusakan terjadi bila ada lesi pada susunan molekul, apabila tidak dapat diatasi, dan terjadi sebelum replikasi maka akan terjadi mutasi.

Radikal oksigen dapat menyerang DNA jika terbentuk disekitar DNA seperti pada radiasi biologis. Radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga terjadi mutasi. Bila perubahan DNA ini terjadi bertahun-tahun, maka dapat menjadi penyakit kanker.

– Kerusakan jaringan Pada umumnya semua sel jaringan organ tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas karena di dalam sel terdapat sejenis enzim khusus yang mampu melawannya, tetapi karena manusia secara alami mengalami degradasi atau kemunduran seiring dengan peningkatan usia, akibatnya pemusnahan radikal bebas tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka kerusakan jaringan terjadi secara perlahan-lahan.

Selalu lindungi diri Anda dari bahaya radikal bebas, mengkonsumsi multivitamin, multimineral serta antioksidan akan sangat membantu tubuh Anda dalam menangkal radikal bebas.