posted by | on Blog | Comments Off on 8 Makanan Penghilang Selulit

Selulit selalu menjadi musuh utama para wanita, hampir 95 persen wanita memelihara selulit. Meski disebabkan oleh tumpukan lemak, tapi selulit bukan cuma masalah wanita yang mengalami kelebihan berat badan. Anda yang bertubuh langsing dan mungil pun bisa memiliki selulit. Ibu hamil juga paling rentan mengalami selulit.

Selulit menempati area tertentu yang cukup spesifik, seperti  lengan atas bagian dalam dan belakang, paha dalam atas dan belakang, punggung atas (di bawah bahu), punggung bawah, dan bokong.

Meski saat ini cukup banyak produk perawatan kulit yang ditujukan untuk menghilangkan selulit, namun sebenarnya kita juga bisa melawan selulit dari dalam. Menurunkan berat badan dan rutinlah mengonsumsi makanan berikut ini ternyata cukup efektif mengatasi selulit.

1. Salmon
Ikan ini kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu memecah sel lemak di selulit. “Asam lemak omega-3 dalam salmon juga menurunkan selera makan dan inflamasi, memperbaiki dan menguatkan jaringan serat kulit,” kata Lori L.Shemek, pakar nutrisi.

2. Biji bunga matahari
Menurut Rania Batayneh, penulis buku The One one One Diet, biji bungan matahari adala kacang yang baru karena kaya akan vitamin E, potasium, zinc, serta vitamin B6.
“Vitamin B6 membantu memetabolisme protein yang menguatkan dan memperbaiki jaringan penghubung. Selain itu vitamin ini menghilangkan kelebihan cairan yang membuat selulit lebih terlihat,” katanya.

3. Cabai dan merica
Kandungan capcaisin dalam cabai bisa meningkatkan metabolisme sampai 25 persen, tiga jam setelah kita makan. Hal ini bisa membuat tubuh membakar kalori lebih efektif sehingga lemak pun berkurang. Makanan pedas juga akan melancarkan aliran darah, membuang toksin dan mengurangi deposit lemak di bawah permukaan kulit.

4. Buah berries berwarna gelap
Blackberries dan blueberries meningkatkan produksi kolagen, menciptakan jaringan kulit baru, serta meningkatkan tekstur dan tone kulit. Selain itu buah berries adalah sumber antioksidan yang akan memecah sel lemak.

5. Asam cuka apel
Kandungan potasium, magnesium, dan kalsium dalam asam cuka apel akan memperlancar pembuangan toksin dan retensi cairan di sekitar paha dan perut. Pengeluaran toksin dari tubuh juga akan membantu mengurangi hormon stres, mendetoksifikasi liver dan menyeimbangkan produksi estrogen, yang berakibat pada tersamarnya penampakan selulit.

6. Teh hijau
Bahan aktif Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau akan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Hal ini akan menghentikan perluasan sel lemak penyebab selulit. Selain itu, sedikit kafein dalam teh bersama dengan EGCG juga akan membuang toksin dan mengurangi sel lemak di kulit.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun termasuk dalam sumber lemak sehat. Lemak jenis ini dibutuhkan tubuh untuk menormalkan fungsi tiroid, membakar lemak, dan sumber energi sel-sel penyusun di kulit.

8. Cokelat hitam
Kokoa secara alami mengandung antioksidan, yang akan memecah sel lemak di selulit dan meningkatkan fungsi seluruh sel, termasuk pembentuk sel kulit. Meski begitu pilihlah cokelat hitam murni, bukan cokelat yang sudah ditambahi gula.

Tags: , ,