posted by | on Blog | Comments Off on Bisakah Latihan Yoga Untuk Orang Gemuk?

Gerakan pada latihan yoga memang kelihatannya sangat membutuhkan fleksibilitas tubuh yang tinggi. Tetapi, itu bukan halangan bagi Anda yang bertubuh gemuk untuk mengikuti latihan yang bisa menyehatkan tubuh dan jiwa ini. Dapatkah orang gemuk berlatih yoga?

Menurut Arif Senotosa dari Vinyasa Yoga, justru perempuan yang bertubuh gemuk memiliki tingkat fleksibilitas lebih baik untuk melakukan gerakan yoga dibandingkan mereka yang bertubuh langsing.

“Biasanya, orang yang gemuk tubuhnya lebih fleksibel, saya sering menemui hal itu. Orang gemuk yang ikutan yoga kaget karena badannya merasa gampang dan bisa melakukan setiap gerakan,” tuturnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ada beberapa macam tipe tubuh berisi, ada yang gemuknya berotot, ada pula yang tidak. Mereka yang bertubuh gemuk berotot, menurut Arif, justru bisa melakukan pose-pose yoga lebih baik karena memiliki kelebihan pada kekuatan otot. Sebaliknya dengan mereka yang kebanyakan lemak.

“Ada yang gemuknya gelember karena kebanyakan lemak. Biasanya, mereka ini sulit untuk mengikuti gerakan-gerakan yoga. Mereka juga harus pelan-pelan dan hati-hati pada bagian pinggangnya karena mereka sudah menanggung beban berat badannya sehari-hari,” imbuhnya.

Meski begitu, menurut Arif, dengan latihan yang konsisten, lama-kelamaan kekuatan otot akan terbentuk sehingga meski gemuk tetapi lentur.

“Banyak orang yang gemuk salah kaprah, mereka niat yoga, tapi tunggu kurus dulu baru ikutan. Nah, itu yang salah karena hal itu tidak akan pernah terwujud. Jadi, be smart, harus set tubuhnya dan semua akan berubah,” ujarnya.

Nah buat kamu yang gemuk, jangan pernah minder untuk memulai olahraga dengan jenis apapun. Mulai berlatihlah sekarang, lebih cepat, lebih baik!

Tags: , , , ,