posted by | on Blog | Comments Off on Cepat Ngantuk Setelah Mengurangi Karbohidrat

Anda telah mengurangi asupan karbohidrat namun akhirnya malah cepat ngantuk? Penyebab kantuk sepanjang hari harus diteliti dari asupan makanan yang Anda konsumsi pada sarapan dan makan siang.

Menurut penelitian baru dari Penn State College of Medicine, diet rendah karbohidrat ternyata malah membuat Anda merasa mengantuk sepanjang hari. Dari penelitian tersebut, tim peneliti menemukan hubungan antara mengonsumsi makanan tinggi lemak dengan rasa lemas pada siang hari. Sementara makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya (karbohidrat sehat/karbohidrat kompleks) akan meningkatkan kewaspadaan kita sepanjang hari.

Para peneliti memonitor 31 orang bertubuh sehat berusia 18-65 tahun. Mereka ini punya pola tidur yang normal. Mereka lalu diminta tidur selama empat malam di laboratorium. Semua kebutuhan makan mereka disediakan. Setelah itu, kadar mengantuk mereka secara objektif dinilai.

Kadar mengantuk ini ada kaitannya dengan bagaimana fungsi tubuh mereka pada tingkat yang tinggi, sementara kadar mengantuk secara subyektif menunjukkan seberapa lelahnya yang mereka rasakan.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak lemak namun tanpa karbohidrat, akan merasa lebih mengantuk pada siang hari.

Meningkatnya konsumsi lemak memiliki efek buruk yang akut pada kewaspadaan pada orang-orang yang sehat dan tidak obesitas. Tampaknya, diet yang tinggi lemak akan mengurangi kewaspadaan secara akut, dan hal ini bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk bertindak.

Nah, kalau Anda tidak bisa konsentrasi saat bekerja di kantor karena mengantuk berat, coba ingat untuk tidak mengudap makanan berlemak. Gantilah dengan asupan karbohidrat yang lebih sehat, seperti roti gandum dan nasi merah.

Tags: ,