posted by | on Blog | Comments Off on Konsumsi Buah Saat Sahur Menambah Energi

Sahur merupakan kunci utama bagi Anda untuk dapat bertahan selama puasa. Asupan makan yang Anda konsumsi selama sahur sangat penting.

Idealnya, ketika sahur makanan yang sebaiknya disediakan di meja makan adalah menu yang mencukupi kebutuhan tubuh, mulai karbohidrat, protein, vitamin, sampai serat.

Terkadang, ritme memasak yang sedikit berbeda, karena harus dilakukan di pagi buta, membuat banyak orang justru tak ingin masakan yang ribet. Enggan memasak yang ribet ini membuat orang jadi lebih suka masak yang instan tanpa berpikir tentang kecukupan gizinya. Masih ada hal yang kurang dipersiapkan, yaitu kecukupan serat. Serat biasanya hanya dipenuhi lewat sayuran. Serat yang ada dalam sayur hanya berjumlah sedikit, jadi sebaiknya ditambahkan dengan serat dari buah-buahan.

Sayangnya, banyak orang yang menghindari konsumsi buah saat sahur karena takut rasa asam buahnya akan membuat perut jadi sakit. Jadi biasanya, buah ini hanya dikonsumsi saat berbuka.

Sebaiknya, buah juga dikonsumsi saat sahur. Kandungan serat dan vitamin yang tinggi dari buah akan membantu memenuhi kebutuhan serat per hari, akibatnya perut akan terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan serat juga akan membantu Anda jadi lebih berenergi saat beraktivitas (tidak lemas) saat berpuasa.

Anda dapat menyiapkan buah potong, jus, atau smoothies buah segar kepada keluarga ketika mendekati waktu Imsak. Ini trik yang bisa dilakukan agar perut kenyang lebih lama.