posted by | on Blog | Comments Off on Ngidam Junk Food Disebabkan Oleh Kurang Tidur

Anda ngidam junk food? Selalu ingin mengkonsumsi makanan junk food atau makanan sampah cepat saji? Coba review kembali apakah belakangan ini Anda kurang waktu tidur, karena kurang tidur dan capek menjadi salah satu faktor penyebab Anda lebih memilih makanan cepat saji

Sebuah studi di Inggris baru-baru ini menemukan demikian, bahwa ternyata saat tubuh capek karena kurang tidur, otak memberi rangsangan untuk memilih junk food. Kalau ini terjadi terus-menerus, tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Tidur yang cukup ternyata memberi banyak manfaat, tidak hanya mencegah tanda penuaan tapi juga menjaga tubuh tetap sehat. Sebelumnya, pada Mei 2011, ada juga temuan yang menyebutkan bahwa kurang tidur membuat kita lebih cenderung mengonsumsi makanan ringan dan mendorong lebih banyak konsumsi karbohidrat daripada protein.

Temuan itu mendapat dukungan, setelah Agustus 2013 ini, University California, Berkeley, menemukan bahwa saraf otak cenderung mendorong seseorang memilih makanan cepat saji saat capek. Studi yang dilakukan memeriksa bagaimana cara kerja saraf ketika membayangkan makanan yang ingin disantap.

Studi tersebut melibatkan 23 anak muda yang berbadan sehat. Mereka disodori sekitar 80 jenis gambar makanan dari yang berkalori rendah, sedang, hingga yang tinggi. Makanan tersebut ada yang sehat maupun yang tidak baik untuk kesehatan. Saat memilih, para peneliti menggunakan alat scan khusus fMRI untuk memeriksa kondisi mereka. Studi dilakukan saat mereka tidur cukup dan kurang tidur.

Hasil scan menunjukkan bahwa otak berperan penting dalam memutuskan mana makanan yang dipilih untuk disantap. Saat mereka kurang tidur, makanan cepat saji atau cenderung tidak sehat lebih banyak dipilih. Karena, kemampuan untuk memilih makanan dengan bijak menurun karena tubuh capek.

Matthew Walker, profesor dari UC Berkeley bidang psikologi dan neuroscience menuturkan, hasil studi ini menunjukkan bagaimana tidur yang cukup berperan penting dalam mengontrol makanan dan berat badan.

Jika selama ini kita selalu dianjurkan tidur cukup, inilah salah satu alasannya, agar bisa memilih makanan yang tepat dan sehat untuk tubuh. Tidak hanya dalam hal memilih makanan, tidur yang cukup pun sebenarnya sangat baik untuk tubuh. Tubuh terasa lebih segar dan bugar untuk menjalankan aktivitas.

Jadi, jika selama ini masih mencari jawaban kenapa dan bagaimana caranya berhenti dari candu makanan cepat saji, cobalah tidur yang cukup. Dan, tidak makan saat tubuh capek.

Tags: , ,